Grosir dan Retail Aksesoris Komputer, Printing, dan Kebutuhan Elektronik dan Media Informasi Terbaru dan Terlengkap

Articles


By Vincent  Article Published 27 February 2018
 
Apakah anda sering menggunakan printer atau mengoperasikan mesin photo copy?
Apakah anda juga mengetahui jenis tinta apa saja yang digunakan?
Mulai dari tinta printer biasa,  anti air atau yang lainnya.
Berbeda jenis tinta printer, tentu berbeda juga fungsi dan kualitasnya.
Pada kesempatan ini akan dibahas beberapa jenis tinta berdasarkan formula/campuran dasar dan fungsinya.
Langsung saja, beberapa jenis tinta printer sebagai berikut :

1. Tinta Printer Dye Base
Tinta Dye Base,sesuai dengan namanya DYE Water Base, merupakan jenis tinta yang bahan dasarnya dominan dari air (H2O) yang dicampur dengan bahan pewarna (colourant) yang bisa menyatu/larut bersama air dengan baik, sehingga kemungkinan mengendap atau mampat (tersumbat) pada Printhead Cartridge sangat kecil.
Fungsi Tinta Jenis Dye Base
Tinta printer DYE Water Base ini, paling banyak digunakan untuk printer standart, karena bersifat hasil cetak sangat baik, hasil print pada kertas foto bagus dan berwarna cerah.
Keunggulan/Kelebihan Jenis Tinta Dye Base:
Tinta Jenis DYE Water Base, lebih murah harganya dibanding jenis tinta lainnya.
Hasil cetak bagus untuk kertas HVS atau kertas Foto.
Hasil Print warna berwarna cerah.
Tidak mudah mengendap, sehingga tidak cepat menghambat atau bahkan merusak printhead cartridge.
Kelemahan/Kekurangan Jenis Tinta Dye Base:
Kualitas hasil cetak berwarna cerah namun tidak tajam.
Tinta Dye Base cukup pekat.
Tidak tahan air.
Mudah luntur di kertas HVS terhadap air dan cahaya dibanding tinta pigment.

2. Tinta Printer Pigment/Durabite
Tinta Printer Jenis Pigment/Durabrite, merupakan tinta printer yang memiliki kualitas cetak yang lebih tajam, pekat dan tahan air dibandingkan dengan tinta Dye Water Base, karena mengandung beberapa formula yang tidak dimiliki jenis tinta Dye Water Base seperti, terdiri dari air (H2O), Diluent, Colourant Pigment, dan campuran bahan kimia lainnya.
Fungsi Jenis Tinta Printer Pigment/Durabrite
Tinta Printer Pigment biasanya digunakan untuk mencetak photo, karena kualitas gambar lebih tajam dan tidak luntur bila terkena air. Tinta jenis pigment cocok untuk berbagai jenis kertas, HVS, inkjet paper, kertas foto, dll.
Keunggulan/Kelebihan Jenis Tinta Pgiment/Durabrite
Tidak mudah luntur disemua jenis kertas (Water Proof).
Hasil cetak lebih tajam.
Kelemahan/Kekurangan Jenis Tinta Pigment/Durabrite
Harga tinta jenis ini sedikit lebih mahal dibanding tinta dye.
Apabila tidak digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama, tinta jenis pigment ini dapat menyumbat atau menghambat printerhead cartridge dan mengering pada nozzle head.

3. Tinta Printer Sublimation Ink
Tinta Printer Sublimation Ink, merupakan jenis tinta yang karakteristik yang jauh lebih tahan terhadap air, dan degradasi warna yang lebih kuat dibanding jenis tinta dye ataupun tinta pigment. Formula tinta sublim ini dominan mengandung minyak, pewarna (colourant), diluent, dan beberapa zat lainnya. Sehingga memiliki ketahanan lebih jauh dibanding tinta printer jenis pigment.
Fungsi Tinta Printer Sublimation Ink
Jenis tinta printer sublimation ink biasanya digunakan untuk printer dengan metode infus untuk mencetak gambar ke media lain (selain kertas). Tinta printer sublimation ink digunakan untuk mencetak bahan-bahan seperti sablon, baju kaos, pin, mug, atau yang berbahan keramik lainnya.
Keunggulan/Kelebihan Tinta Printer Sublimation Ink
Lebih tahan air (water proof) dibandingkan jenis tinta pigment.
Warna lebih kuat sehingga tidak mudah pudar.
Cocok untuk mencetak ke media lain selain kertas. (keramik, plastik,dll)
Metode transfer yang digunakan dengan bahan tinta sublimasi adalah dengan cara cetak ke kertas HVS atau injek paper, lalu di heat press ke kaos, mug, keramik, dll

4. Tinta Printer Pigment Art Paper Ink
Jenis Tinta Art Paper Ink ini sangat cocok untuk digunakan di percetakan skala kecil maupun skala besar, yang sering mencetak di kertas art paper ivory dengan quantity kecil untuk gambar full color.
Tinta pigment art paper ini juga, bisa digunakan untuk mencetak di atas kertas art paper / ivory dengan menggunakan printer Epson desktop biasa seperti :
Epson R230, Epson T11, Epson T20, Epson C90, Epson C79, Epson T1100, Epson 1390, Epson 1290, EPson L300, Epson L310, Epson 110, Epson 120 dsb

5. Tinta Printer Solvent
Tinta printer solvent, merupakan jenis tinta yang paling baik terhadap air dan sinar ultraviolet, karena tinta jenis solvent ini terbuat dari bahan-bahan mirip seperti cat duco dengan bahan tambahan yang disesuaikan untuk percetakan tipe-tipe printer outdoor.
Fungsi Tinta Printer Solvent Tinta Solvent banyak digunakan untuk mencetak Banner, Spanduk, billboard, neonbox, dan yang lainnya untuk outdoor Printing, karena hasil cetaknya yang lebih awet terhadap Air dan terhadap paparan sinar ultraviolet (UV).
Keunggulan/Kelebihan Tinta Printer Solvent
Sangat cocok untuk cetak outdoor (spanduk, billboard, neonbox, banner, event desk, dll)
Tahan terhadap air, dan paparan sinar matahari.
Warna cukup tajam
Warna cerah.
Kelemahan/Kekurangan Tinta Printer Solvent
Kekurangan terbesar dari tinta printer solvent adalah bau yang sangat menyengat dari tinta ini. Disarankan pada saat proses percetakan outdoor baik skala kecil atau besar, menggunakan masker karena terlalu banyak kandungan kimia yang bisa terhirup.

6. Tinta Printer Eco Solvent
Tinta Eco Solvent sama seperti Tinta Solvent, hanya karakteristik tinta eco solvent sedikit kurang tahan terhadap paparan sinar matahari, namun tidak berbau menyengat dibanding Tinta Solvent, oleh karena itu Tinta Eco Solvent banyak digunakan untuk Indoor Printing.

Credit : http://voltonews.blogspot.co.id

Kami menyediakan berbagai macam tinta sesuai kebutuhan anda (http://wahana-data.com/product/tinta-97.html). Silahkan konsultasikan kebutuhan tinta anda dengan kami

Wahana Data
Jl Manyar Kartika 1 No 32 Surabaya
031 - 5935799
WA/Telp : 0812 3079 6880


Related Article




Toko Online ini menggunakan CMS